Catatan Konsumsi BBM Toyota Vios Generasi Terbaru

Catatan Konsumsi BBM Toyota Vios Generasi Terbaru

Harga Toyota Vios Generasi Kedua bekas dijual mulai dari Rp 90 jutaan untuk mobil tahun 2007 dan Rp 130 jutaan untuk mobil tahun 2013. “Ini merupakan saya yang tepat untuk benar-benar menjajal performa New Vios!” gumam okezone dalam hati. Aluna suaran nan jernih dipadu suspensi yang empuk akhirnya membuai okezone untuk terlarut memejamkan mata sejenak. Dan tak terasa, rute Lembang menuju Bandung telah selesai dan rombongan pun tiba di hotel untuk menginap. Suasana kabin juga terasa cukup kedap untuk ukuran sedan papan bawah. Alunan lagu-lagu yang dimainkan melalui iPod yang terintegrasi dengan audio system New Vios juga terdengar apik melalui speaker depan dan belakang.

Bukti lain tentu saja kiprah Vios itu sendiri yang selama 18 tahun hingga kini sudah melahirkan 3 generasi. Lebih sukses dibanding Toyota Soluna, sang pendahulu yang hanya sempat dipasarkan 5 tahun. Satu-satunya kekurangan yang agaknya cukup menganggu hanyalah semata-mata Toyota Vios memiliki seri Limo adik kembarnya yang digunakan untuk taksi. Namun jika Anda cukup bijak dalam memberikan penilaian, tentunya image taksi ini tidak akan terlalu Anda pedulikan. Toh, kini banyak pula mobil mewah seperti Toyota Alphard dan bahkan mobil mercedes benz yang juga digunakan sebagai taksi. Toyota Vios pertama kali dirilis pada tahun 2003 dengan variasi mesin di beberapa negara di Asia.

Rute yang kali ini ditempuh Jakarta-Bandung-Jakarta melalui jalur Lembang. Cukup menantang untuk menguji keandalan sedan seharga mulai dari Rp206,4 juta untuk tipe E manual, Rp219,4 juta untuk G manual, Rp232,2 juta G matik, dan Rp254,4 untuk varian TRD Sportivo. Hal ini bisa disebabkan karena usia Vios yang cukup tua dan penggunaan harian yang membuat dashboard mobil sedan ini rawan mengalami kerusakan. Di sektor mesin ada perbaikan dengan Intelligent Drive by Wire ETCS- I. Tidak adanya kabel mekanis pada gas, membuat konsumsi BBM makin hemat dan ramah lingkungan. Adanya catalytic converter juga membuat Vios laik standar emisi Euro III. Smart Braking Power ini terdiri dari Anti Lock Braking System (ABS), Electronically Brake force Distribution (EDB), dan Brake Assist (BA).

Meski hal ini tak berpengaruh terhadap performa maupun kenyamanan berkendara di dalamnya, tapi Vios masih sering disebut sebagai mobil taksi. Apalagi Vios gen 3 ex taksi masih banyak ditemui di pasar mobil bekas Tanah Air. Sedangkan mobil bekas taksi sendiri seringkali lebih disukai karena harganya yang lebih murah dibandingkan pemakaian pribadi walaupun dikaitkan dengan kilometer yang lebih tinggi. Tak hanya untuk mobil berbahan bakar bensin saja, bagi kamu yang mencari mobil diesel terbaik tentu butuh juga rekomendasi mobil paling irit solar.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki Toyota Vios sebagai mobil sehari-hari Anda atau sebagai mobil keluarga? Dari 7 kriteria itu, Toyota Vios merajai di lima kriteria, yaitu konsumsi bahan bakar paling irit, kenyamanan, fitur terlengkap, harga bersaing, dan desain yang stylish. Dengan demikian, Toyota dinobatkan sebagai juaranya small sedan dengan julukan “The Sense of Crisis” terbaik. Hematnya konsumsi bahan bakar itu juga dikarenakan performa mesin yang prima.

Harga mobil Toyota Vios bekas generasi kedua bisa didapat mulai dari Rp70 jutaan. Jika mengingat penggunaan Vios sebagai kendaraan sehari-hari, bukan tidak mungkin mobil sedan satu ini sering diberi minum bensin dengan oktan yang tidak sesuai rekomendasi. Selain menjadi sedan termurah yang bisa dibeli, Vios bekas juga dikenal tangguh dan mudah dirawat. Dengan penjualan yang sudah lebih dari 18 tahun, wajar jika di pasaran Otofriends akan dihadapkan pada pilihan unit Vios dengan berbagai macam kondisi. Salah satu cara agar mudah melakukan seleksi adalah memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Sedangkan untuk rute tol, mobil bensin irit dengan desain gagah ini mengonsumsi sekitar 18 km/liter BBM.

Mobil ini termasuk irit dengan konsumsi bahan bakar per liternya bisa digunakan berjalan sampai dengan 20 km. Dari segi kenyamanan berkendara juga cukup baik, suspensi cukup empuk, kekedapan kabin baik, serta radius putarnya kecil sehingga cocok untuk dipakai mobilitas harian di perkotaan. Namun, untuk pasar Indonesia Toyota hanya menghadirkan model E dengan transmisi manual dan model G dengan transmisi manual dan otomatis. Jika mau irit maka pilihlah yang transmisi manual karena konsumsi bahan bakarnya 23,64 km untuk satu liter bahan bakar. Meski beda ukuran dan jenis, namun mobil yang dibekali mesin berkapasitas 1198 cc ini nyatanya sama iritnya dengan Datsun Go, yaitu konsumsi bensinnya 1 liter untuk jarak sejauh 23,5 km.

Dan seperti yang dijelaskan tadi, komponen untuk modifikasi juga bisa ditemukan dengan mudah. Ada banyak alasan mobil ini digunakan oleh armada taksi, salah satunya yaitu desain interior yang menawarkan kabin lega untuk penumpang di baris kedua. Penggunakan jok berlapis fabric tentunya menghadirkan rasa nyaman tersendiri.

Tersedia juga berbagai pilihan merek dan tipe mobil yang kamu impikan. Memiliki desain interior dan eksterior yang khas di era 2000an, harga mobil bekas Toyota Vios ini bisa didapatkan dengan Rp55 juta hingga Rp65 jutaan saja. Hanya saja, dari sisi kabin memang kurang bila dibandingkan mobil generasi sekarang. Semoga image taksi ini tidak mempengaruhi obyektivitas calon pembeli dalam memilih Toyota Vios sebagai mobil kesayangannya. Karena jika Anda yang sedang berencana membeli mobil yang cocok untuk mobilitas di dalam kota, lincah, dinamis, performa bagus, dan harga yang terjangkau, Toyota Vios adalah pilihan yang tepat.

cara mengatasi kopling mobil keras
konsumsi bbm vios gen 3
penyebab kopling mobil keras